Integration of Multichannel Sales

Di masa The Great Shifting seperti sekarang, dimana dengan adanya pandemi covid19 semakin memberikan akselerasi terhadap prosesnya, maka retail dituntut untuk membangun sistem integrasi dari beberapa channel sales yang mereka punya.

Integrasi multichannel sales (Omnichannel)  ini memungkinkan proses marketing saling support satu sama lain sehingga menjadi lebih efisien.

Omnichannel tentu saja membutuhkan investasi dalam infrastruktur sistem IT untuk mendukung integrasi data, dan dengan teknologi yang berkembang sekarang ini investasi IT dalam infrastruktur fisik dapat diminimalisir dengan cloud computing yang membuat sistem sangat scalable.

Business process integrasi omnichannel di atas menunjukkan bahwa proses marketing beberapa channel disatukan dalam satu online system web based yang saling mendukung.

Best practice nya adalah menjadikan single stock availability untuk across channel, dimana masing-masing channel mempunyai policy masing-masing dalam proses penjualan barang. Channel offline dapat disetting sedang promosi diskon 10%, dimana disaat bersamaan channel B2B mempunyai diskon 20% dan channel online stores sedang dalam harga normal.

Begitupun dengan promosi, channel online dapat melakukan promosi dimana customer memiliki experience dalam membeli barang online dimana saja dan dapat melakukan pick up barang di offline stores.

Hasil akhirnya tentu saja omnichannel integrate system dapat memperluas opportunity sales, meningkatkan customer experiences, efisiensi biaya promosi, dan menyediakan real time data business intelligence yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *